'>'>Sejarah Penulis Kitab dan Ijazah Sanad Kitab Albarzanji dari masa kemasa · Motor Penggerak -->

Sejarah Penulis Kitab dan Ijazah Sanad Kitab Albarzanji dari masa kemasa

Thursday 27 May 2021, 00:05

Barzanji merupakan kitab yang berisikan tentang kisah perjalanan Rasulullah SAW, pujian-pujian kepadanya serta doa-doa. 


Bagi warga Nahdlatul Ulama'(NU), barzanji tidak hanya dibaca ketika memperingati maulid Nabi saja, tetapi menjadi rutinan setiap malam Jum'at. 


Dinamakan Al-Barjanzi karena dinisbahkan kepada nama desa pengarang yang terletak di Barjanziyah kawasan Akrad (kurdistan).


Nama aslinya adalah I’qdul Jawhar fi mawlid an Nabiyyil Azhar, kitab ini yang paling populer dan paling luas tersebar ke pelosok negeri Arab dan Islam, baik Timur maupun Barat. Bahkan banyak yang menghafalnya dan mereka membacanya dalam acara-acara keagamaan yang sesuai. 


Kandungannya merupakan khulasah (ringkasan) Sirah Nabawiyah yang meliputi kisah kelahiran beliau, pengutusannya sebagai rasul, hijrah, akhlak, peperangan hingga wafatnya.


_Sejarah Syaikh Ja’far Al-Barzanji_ 


Dilahirkan pada hari Kamis awal bulan Zulhijjah tahun 1126 di Madinah Al-Munawwaroh dan wafat pada hari Selasa, selepas Asar, 4 Sya’ban tahun 1177 H di Kota Madinah dan dimakamkan di Jannatul Baqi`, sebelah bawah maqam beliau dari kalangan anak-anak perempuan junjungan Nabi SAW.


Sayyid Ja’far Al-Barzanji tergolong keturunan Nabi Muhammad SAW dari keluarga Sa’adah Al Barzanji yang termasyur, berasal dari Barzanji di Irak. 


Garis keturunannya dengan Nabi Muhammad melalui jalur Sayyid Husain, Sayyid Ja’far ibn Hasan ibn Abdul Karim ibn Muhammad ibn Sayid Rasul ibn Abdul Syed ibn Abdul Rasul ibn Qalandar ibn Abdul Syed ibn Isa ibn Husain ibn Bayazid ibn Abdul Karim ibn Isa ibn Ali ibn Yusuf ibn Mansur ibn Abdul Aziz ibn Abdullah ibn Ismail ibn Al-Imam Musa Al-Kazim ibn Al-Imam Ja’far As-Sodiq ibn Al-Imam Muhammad Al-Baqir ibn Al-Imam Zainal Abidin ibn Al-Imam Husain ibn Sayidina Ali r.a. dan Sayidatina Fatimah binti Rasulullah SAW.


Masa Kecil Beliau menghafal Al Quran kepada Syaikh Ismail Alyamany dan Tashih Quran (mujawwad) kepada syaikh Yusuf Asho’idy kemudian belajar ilmu naqliyah (Quran dan Hadis) dan ‘Aqliyah kepada ulama-ulama masjid nabawi Madinah Al Munawwarah dan tokoh-tokoh qabilah daerah Barjanzi kemudian belajar ilmu Nahwu, Sharaf, Mantiq, Ma’ani, Badi’, Faraidh, Khat, Hisab, Fiqih, Ushul Fiqh, Falsafah, ilmu Hikmah, ilmu Teknik, Lughah, ilmu Mustalah Hadis, Tafsir, Hadis, ilmu Hukum, Sirah Nabawi, ilmu Sejarah.


Semua itu dipelajari selama beliau ikut duduk belajar bersama ulama-ulama masjid Nabawi, dan ketika umurnya mencapai 31 tahun atau bertepatan 1159 H barulah beliau menjadi seorang yang ‘Alim wal ‘Allaamah dan ulama besar.


Syaikh Ja’far Al-Barzanji juga seorang Qodhi (hakim) dari madzhab Maliki yang bermukim di Madinah, mengikuti jejak buyutnya, Syaikh Muhammad bin Abdul Rasul bin Abdul Sayyid Al-Alwi Al-Husain Al-Musawi Al-Saharzuri Al-Barzanji (1040-1103 H / 1630-1691 M), Mufti Agung dari madzhab Syafi’i di Madinah. 


Karya

Kitab ‘Iqd al-Jawahir (artinya kalung permata) yang sebagian ulama menyebut dengan nama kitab I’qdul Jawhar fi mawlid an Nabiyyil Azhar. Yang bertujuan untuk meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, dan saat ini dikenal dengan Barzanji.


Kitab ini kemudian banyak disyarah oleh ulama masyhur, di antaranya :

1). al-’Allaamah al-Faqih asy-Syaikh Abu ‘Abdullah Muhammad bin Ahmad dinamakan “al-Qawl al-Munji ‘ala Mawlid al-Barzanji” yang telah banyak kali diulang cetaknya di Mesir.

2). Syaikh Muhammad bin Ahmad ‘Ilyisy al-Maaliki al-’Asy’ari asy-Syadzili al-Azhari dengan kitab “al-Qawl al-Munji ‘ala Mawlid al-Barzanji”. 

3. Syaikh Muhammad Nawawi al-Bantani al-Jawi turut menulis syarah yang Lathifah bagi “Maulid al-Barzanji” dan karangannya itu dinamakannya “Madaarijush Shu`uud ila Iktisaa-il Buruud”.

4). Sidi Ja’far bin Sayyid Isma`il bin Sayyid Zainal ‘Abidin bin Sayyid Muhammad al-Hadi bin Sayyid Zain yang merupakan suami kepada satu-satunya anak Sayyid Ja’far al-Barzanji, telah juga menulis syarah bagi “Maulid al-Barzanji” tersebut yang dinamakannya “al-Kawkabul Anwar ‘ala ‘Iqdil Jawhar fi Mawlidin Nabiyil Azhar”.


Kembali pada Sidi Ja’far al-Barzanji, selain dipandang sebagai mufti, beliau juga menjadi khatib di Masjid Nabawi dan mengajar di dalam masjid yang mulia tersebut. Beliau terkenal bukan saja karena ilmu, akhlak, dan takwanya, tapi juga dengan kekeramatan dan kemakbulan doanya. 


Penduduk Madinah sering meminta beliau berdoa untuk hujan pada musim-musim  kemarau.


Diceritakan bahwa suatu ketika di musim kemarau, beliau sedang menyampaikan khutbah Jumaatnya, seseorang telah meminta beliau beristisqa` memohon hujan maka dalam khutbahnya itu beliau pun berdoa memohon hujan, dengan serta merta doanya terkabul dan hujan terus turun dengan lebatnya sehingga seminggu, persis sebagaimana yang pernah berlaku pada zaman Junjungan Nabi SAW dahulu.


Beliau wafat di Kota Madinah dan dimakamkan di Jannatul Baqi`, sebelah bawah makam beliau dari kalangan anak-anak perempuan junjungan Nabi SAW. 


Karangannya membawa umat ingat terhadap Nabi dan membuat umat rindukan Nabi. Setiap kali karangannya dibaca, pasti shalawat dan salam dilantunkan buat Nabi. Beliau telah kembali ke rahmatullah pada hari Selasa, setelah Asar, 4 Sya’ban, tahun 1177 H (1766 M). Jasad beliau makamkan di Baqi’ bersama keluarga Rasulullah SAW.


_Ijazah Sanad Kitab Albarzanji_


قال الفقير الحاج منير الاخوان بن سبكى اسماعيل : اجزتكم بقراءة عقد الجوهر في مولد النبي الأزهر (مولد البرزنجى) للسيد جعفر بن حسن بن عبد الكريم البرزنجى

هذا كما اجازنى شيخى (١) كياهى الحاج محمد احمد سهل محفوظ عن (٢) الشيخ محمد ياسين بن عيسى الفادنى عن (٣)  الشيخ السيد زكى بن احمد بن اسماعيل البرزنجى عن  (٤) ابيه مفتي المدينة المنورة الشيخ احمد بن اسماعيل البرزنجي عن (٥) ابيه الشيخ السيد اسماعيل بن زين العابدين البرزنجي عن (٦) ابيه الشيخ السيد زين العابدين البرزنجي بن محمد الهادي البرزنجي عن (٧) ابيه الشيخ السيد محمد الهادي البرزنجي عن (٨) عمه مؤلف المولد السيد جعفر بن الحسن بن عبد الكريم بن محمد بن عبد الرسول البرزنجي الحسيني


_Saya (H. Munirul Ikhwan) mengijazahkan Kitab Maulid Al-barzanji kepada siapa saja_


_(Silahkan jawab qobiltu dalam komentar)_ sebagaimana telah mengijazahkan kepada saya, guru saya :

(1) KH. Sahal Mahfudh Kajen Pati, dari gurunya 

(2)  Syekh Muhammad Yasin al-Fadani, dari

(3) Sayyid Zaki bin Ahmad bin Ismail al-Barzanji dari

(4) Ayah beliau Mufti Madinah al-Munawwarah Syekh Ahmad bin Ismail al-Barzanji dari

(5) Ayah beliau Syekh Ismail bin Zainal Abidin al-Barzanji dari 

(6) Ayah beliau Syekh Zainal Abidin al-Barzanji dari 

(7) Ayah beliau Muhammad al-Hadi al-Barzanji dari

(8) Paman beliau sang muallif Sayyid Ja'far al-Barzanji


Wallahu a'lam

Afaqir


H. Munirul Ikhwan

Sekretaris PCNU Pandeglang

TerPopuler